4 Manfaat Manajemen Finansial dalam Bisnis Online

4 Manfaat Manajemen Finansial dalam Bisnis Online | EmasCorp.com

EmasCorp.com РBerbisnis secara online maupun offline sama-sama membutuhkan perencanaan keuangan. Bahkan, manajemen finansial lebih diperlukan dalam bisnis online karena melibatkan strategi pemasaran yang abstrak di dunia maya. Manajemen finansial berarti menerapkan kaidah-kaidah manajemen untuk mengelola keuangan terkait pengadaan produk yang didistribusikan lewat media sosial.

Manajemen finansial penting untuk dilakukan karena mencakup perencanaan, pengelolaan, dan pengaturan kegiatan keuangan. Ada empat fungsi manajemen finansial bagi bisnis online.

PERKIRAAN BIAYA DALAM ANGGARAN.

Pebisnis online harus memperkirakan anggaran sebelum memulai usahanya. Perkiraan ini mencakup biaya, profit, strategi penjualan, dan promosi kepada target pasar. Dalam bisnis online, manajemen finansial berfungsi memperkirakan jumlah dana yang dibutuhkan untuk memasok produk yang dijual, pembelian domain pribadi, dan upah sumber daya manusia untuk mengelola media sosial yang digunakan seperti administrator, web developer, web designer, atau social media officer.

ACUAN MEMBUAT ACTION PLAN.

Ketika estimasi modal dan sumber daya telah dibuat, struktur atau susunan modal harus dirancang. Struktur modal ini dituliskan dalam action plan. Action plan mencakup strategi penjualan jangka pendek dan jangka panjang. Bagi bisnis online, action plan berisi alokasi dana untuk masing-masing pos, misalnya untuk pos toko offline dan pos pengembangan media sosial.

PEMANTAUAN ARUS UANG.

Manajemen finansial penting untuk mengetahui alur uang atau transaksi online yang terjadi dalam bisnis. Pengusaha online perlu memiliki manajemen finansial karena seller dan buyer tidak bertatap muka secara langsung saat bertransaksi. Manajemen keuangan membantu pebisnis online dalam memantau arus transaksi, misalnya pembayaran biaya pengiriman barang hingga ke tangan buyer dan konfirmasi pembayaran buyermelalui rekening.

SUPERVISI KEUANGAN.

Seperti bisnis pada umumnya, keuangan bisnis online harus dipantau agar tidak mengalami kerugian. Pebisnis online adalah orang yang berhak memutuskan apakah sejumlah uang perlu dikeluarkan atau tidak. Manajemen finansial membantu pebisnis online dalam menentukan keputusan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *