5 Rahasia Indomie Sukses Menembus Pasar Dunia

5 Rahasia Indomie Tembus Pasar Dunia | EmasCorp.com

EmasCorp.com – Kamu tau ga sih? Selain sukses dan banyak peminatnya di Indonesia, Indomie itu sukses memasuki pasar dunia loh! Artinya Indomie sudah Go International dan dinikmati masyarakat dunia. Bahkan negara seperti Nigeria menjadikan Indomie salah satu makanan pokoknya. Wow, it’s a big achievement.

Lalu, kisah sukses Indomie di mancanegara tidak sampai di situ saja, hasil penelitian pakar mie dunia, yaitu ramen rater, Indomie dinobatkan sebagai mie instan nomor satu terlezat di dunia mengalahkan sekitar 670 merek mie instan lain di seluruh dunia.

Pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara Indomie sukses mendunia seperti sekarang? Hal inilah yang akan dibahas, melihat strategi bisnis seperti apa yang membuat Indomie mampu menembus dan menaklukkan pasar mie instan dunia.  

Kamu mau jadi pengusaha sukses?

Kamu mau jadi pengusaha kelas dunia?

Kamu mau perusahaan kamu terkenal di luar negeri?

Kamu mau mengharumkan nama Indonesia lewat bisnis kamu?

Kalau jawabannya iya, keep reading guys.

Kunci #1 Inovasi

Kita semua tahu bahwa mie berasal dari China, tetapi brand mie instan asal China pun kewalahan menghadapi serbuan Indomie di pasar internasional. Apa yang membuat Indomie begitu unggul? Yap, the answer is INNOVATION. Indomie terlihat sangat menganggap penting inovasi dalam produknya, hal ini terlihat dari cara Indomie yang selalu menambah variasi gemilang baru dalam produknya. Walaupun memiliki variasi rasa yang sangat beragam, rasa nasionalisme tetap dijunjung tinggi oleh Indomie yaitu dengan membuat variasi mie instan dengan cita rasa nusantara. Inovasi cita rasa nusantara yang dilakukan Indomie ini adalah dengan menciptakan produk mie instan mulai dari rasa rendang, iga penyet, sate, empal, hingga berbagai macam soto khas daerah-daerah di Indonesia. Hal tersebut jelas merupakan nilai lebih bagi konsumen karena Indomie memberikan sensasi makan mie instan yang berbeda, konsumen merasa Indomie bukanlah mie instan untuk makanan darurat semata tetapi makanan yang memiliki cita rasa tinggi.

Kunci #2 Saluran Distribusi yang Luas

Indomie mendistribusikan produknya dalam jumlah besar ke berbagai macam minimarket dan supermarket di dalam maupun luar negeri. Selain itu, hal yang sangat khas dan tidak kita jumpai dalam strategi distribusi Indomie ini adalah banyak ditemukannya warkop atau bahkan banyak orang juga yang menyebut dengan Warmindo (Warung Makan Indomie) yang ternyata sangat berkontribusi dalam sales Indomie.

Kunci #3 Kualitas Adalah yang Utama

Walaupun produknya adalah mie instan, Indomie tidak lantas membuat produknya hanya untuk keperluan instan tanpa memperhatikan kandungan dari produknya tersebut. Produk mie instan dari Indomie ini disebut memiliki berbagai kandungan gizi seperti energi, protein, niasin, asam folat, mineral zat besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B6, dan B12. Selain soal keamanan produknya, Indomie menekankan bahwa proses produksi harus sesuai standar internasional. Kemudian, bahan baku yang diperoleh harus dari kebun atau pertanian yang sudah memenuhi standar good coming practice. Indomie juga telah memenuhi persyaratan standar internasional bagi eksportir untuk masuk negara tertentu dalam bentuk sertifikasi ISO 9001: 2008, HACCP (Hazard  Analysis & Critical Control Points) dan sertifikat halal. They really do a good business. 

Kunci #4 Value Proposition yang Tersampaikan dengan Baik kepada Konsumen

Value Proposition Indomie mampu diterima dengan baik oleh konsumen. Para konsumen Indomie memiliki pandangan bahwa Indomie adalah mie instan yang memiliki bumbu yang konsisten, sangat instan, dan harga yang murah. Hal ini sesuai dengan core capabilities Indomie yaitu consistent seasoning, cheap, and instant.

Kunci #5 Membangun Regional Office dan Pabrik di Luar Negeri

Setelah menetapkan tujuan ekspor, langkah cerdas Indomie berikutnya adalah dengan mendirikan regional office di masing-masing negara. Selain itu Indomie juga mendirikan pabrik mereka sendiri di negara tujuan pasar Indomie seperti di Malaysia, Afrika Selatan, Mesir, Nigeria, dan Kenya. Strategi ini berhasil dengan efektif karena dengan cara ini Indomie mampu menghemat biaya dengan signifikan dan meningkatkan awarenessmasyarakat negara tujuan mereka terhadap Indomie.

Jadi, udah tau kan gimana kisah sukses Indomie menjelajah dunia? For your info guys, Indofood (perusahaan produsen Indomie) sepanjang tahun 2014 sukses memperoleh omzet penjualan sebesar Rp 63 Triliun, dengan laba bersihnya sebesar Rp 3,8 Triliun, dan kabarnya di tahun 2015 ini bahkan penjualan Indomie lebih baik lagi. Well, this is great, dan satu hal lagi yang paling penting adalah Indomie mampu mengharumkan nama Indonesia. Setelah membahas 5 strategi kunci sukses Indomie, kita pun tau bahwa perjalanan Indomie dimulai dari tekad yang kuat, target yang tinggi, dan tindakan yang disiplin. Kamu pun bisa mendirikan perusahaan yang mampu menggetarkan dunia dan mengharumkan Indonesia. Jadi, kapan nama perusahaan kamu terdengar sampai di seluruh dunia?

Source : http://fromheretouniverse.blogspot.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *