5 Teknik Mengintip Pergerakan Kompetitor Bisnis Anda

5 Teknik Mengintip Pergerakan Kompetitor Bisnis Anda | EmasCorp.com

EmasCorp.com – Kompetitor bisnis memang hampir dipastikan akan selalu ada disetiap aspek dan jenis sebuah usaha. Seunik apapun jenis bisnis Anda menurut saya Anda harus selalu siap dengan adanya persaingan. Sebagai pebisnis yang profesional, Anda memang tak perlu mencemaskan secara berlebihan akan keberadaan kompetitor di sekitar Anda karena persaingan adalah hal yang wajar dalam sebuah bisnis.

Yang perlu Anda lakukan hanya melakukan yang terbaik dan maksimal yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda. Bahkan tak jarang sebenarnya kehadiran kompetitor atau pesaing akan banyak membuka ide kreatif atau strategi jitu yang mungkin sebelumnya tidak Anda duga-duga.

Maka untuk menghadapi konsumen, Anda sebagai pebisnis haruslah bersaing dengan cara yang sehat. Namun jika Anda masih belum yakin dengan cara ini, Anda bisa menjalankan teknik pengamatan pergerakan kompetitor yang mampu menjadi solusi untuk Anda memenangkan persaingan.  Bagimana cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengetahui pergerakan kompetitor bisnis ini? Berikut ulasannya.

1. Menjadi Konsumen Bayangan

Teknik pertama untuk bisa mengetahui pergerakan kompetitor adalah dengan menjadi konsumen bayangan (ghost shopping). Istilah ghost shopping memang sudah lazim dijumpai dalam sebuah bisnis. ini adalah sebuah teknik yang biasanya dilakukan oleh seorang menajemen untuk mengetahui kinerja karyawan di perusahaan dalam melayani konsumen.

Selain untuk memantau kondisi internal perusahaan, ghost shopping ini juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui pergerakan kompetitor bisnis Anda.  Yang perlu Anda lakukan dalam hal ini hanyalah menjadi konsumen bayangan dengan fokus mencari informasi sebanyak mungkin dari kompetitor. Dengan cara ini, Anda akan benar-benar akan mengetahui seluk beluk pesaing Anda dan Anda pun akan punya peluang besar untuk bisa melebihi pergerakan bisnis mereka.

2. Perhatikan Fitur Bookmark Kompetitor Bisnis 

Fitur Bookmark yang ada pada #website kompetitor merupakan sarana yang bisa Anda gunakan untuk pemantauan pergerakan bisnis mereka. Maka dari itu Anda tak perlu ragu untuk mem-bookmark website mereka. Dengan cara ini, Anda akan selalu mendapatkan update info  dari pesaing Anda dalam pergerakan bisnisnya.

Informasi seputar perusahaan pesaing merupakan sesuatu yang berharga bagi Anda untuk bisa mencari celah kelemahan atau melakukan manuver bisnis melewati gerak pesaing. Poin penting dalam melakukan teknik ini, usahakan identitas Anda tidak diketahui pesaing.

Caranya jangan menggunakan identitas perusahaan untuk mem-bookmark website pesaing. Anda harus menggunakan identitas lain yang tidak terkait pesaing agar Anda tidak dicurigai sebagai mata-mata oleh pesaing Anda.

3. Jangan Remehkan Kekuatan Media Sosial

Selain mem-bookmark website, untuk bisa mengetahui pergerakan bisnis pesaing, Anda bisa memfollow akun #media sosial yang dimiliki kompetitor. Media sosial kini memang telah menjadi banyak pilihan perusahaan untuk mempromosikan usaha dan kegiatan bisnisnya.

Maka saat Anda memfolow akun media sosial mereka, secara otomatis Anda akan mendapatkan informasi-informasi yang diupdate oleh kompetitor di wall atau beranda media sosial mereka. Namun agar efektif, strategi ini sekali lagi harus dilakukan dengan tanpa melibatkan identitas perusahaan agar Anda tak dicurigai sebagai mata-mata atau pengintai oleh kompetitor.

4. Buatlah Sebuah Forum Bisnis

Teknik berikutnya untuk bisa mengetahui pergerakan kompetitor bisnis adalah dengan membuat sebuah forum bisnis. Meski hal ini tak akan berhubungan langsung dengan kompetitor, namun Anda bisa mendapat banyak informasi terkait dunia bisnis dan juga pergerakan kompetitor yang diinformasikan oleh member.

Yang perlu diingat dari forum bisnis ini adalah Anda harus bisa menjadikanya sebagai forum yang bersifat terbuka. Jangan sekali-kali membuat forum yang mengindikasikan bahwa Anda ingin mengetahui pergerakan kompetitor.

Ini akan membuat Anda malah kehilangan citra dan pamor. Biarkan saja forum berjalan dengan sendirinya, mungkin disatu hari ada orang dengan kesadarannya sendiri memposting informasi tentang kompetitor yang berharga bagi Anda.

5. Libatkan Konsumen

Terkahir, untuk bisa mengetahui pergerakan bisnis kompetitor adalah dengan melibatkan konsumen. Caranya, Anda tinggal melakukan wawancara atau bahkan mengirim sebuah #email pertanyaan kepada mereka terkait seputar produk yang Anda pasarkan.

Buatlah pertanyaan secara umum dan bebas. Jika bisa jangan juga tampilkan identitas perusahaan untuk melakukan survei ini. Ini dilakukan agar konsumen mau terbuka dengan situasi bisnis di seputar produk yang Anda jual. Saat konsumen meyinggung produk Anda atau produk kompetitor, maka di sanalah informasi berharga bisa Anda dapatkan untuk pengembangan bisnis dan perusahaan  Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *