7 Kiat Langkah Memulai Usaha

7 Kiat Langkah Memulai Usaha | EmasCorp.com

EmasCorp.com – Saat ini, geliat wirausaha masyarakat Indonesia tumbuh cukup menggembirakan, bahkan tidak sedikit lahir para pengusaha muda kreatif yang menjadi inspirasi masyakarat untuk memulai usaha. Dukungan pemerintah dari tingkat pusat hingga desa pun mulai dirasakan, dengan banyak digalakkan program pelatihan wirausaha mandiri, ini menjadi sinyal positif kemajuan Indonesia dibidang ekonomi, semoga kesejahteraan bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia, aamiin.

Akan tetapi, tak sedikit diantara kita, ketika bicara bisnis atau usaha, kita membayangkan para pengusaha yang sudah berhasil mencapai puncak kesuksesan, jadi yang kita inginkan adalah hasil akhir nya, kesuksesannya yang dibayangkan. Kita lupa belajar bagaimana para pengusaha bisa mencapai kesuksesannya. Karena didalamnya sudah tentu, terdapat tetesan keringat, darah dan airmata, yang bersatu padu dengan kesabaran dan kegigihan, hingga menghasilkan kesuksesan yang dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.

Nah, sekarang apa saja yang harus kita siapkan dalam memulai usaha? Apakah usaha perlu modal? Jawabannya tentu ya…! Usaha wajib hukumnya memiliki modal. Tapi modal tidak selamanya berbentuk uang. Kok bisa? Mari kita simak apa yang disampaikan oleh Mark Joyner, ia menyebutkan Pokok yang paling penting dalam bisnis bukan kantor, bukan mr. hi-tech (baca; teknologi), bahkan bukan produk atau jasa, melainkan penawaran. Bisnis belum ada, sebelum ada penawaran. Nah, untuk melakukan peawaran atau marketing bukankah tidak selalu harus bermodalkan uang? Usaha tanpa modal diantaranya bisa dimulai dengan cara menjadi reseller. Nah untuk menjadi reseller, kita perlu membangun trust (kepercayaan), trust adalah modal kita yang paling berharga, lebih dari apapun (Money is not number one capital in business, the number one capital is trust).

Untuk memulai usaha, perhatikan 7 (tujuh) langkah berikut :

  1. Mulai dengan niat dan impian yang besar. Karena hal ini akan menjadi vitamin hebat ketika kita menjalankan usaha.
  2. Pilih usaha yang kita sukai. Ketika cinta ada di dalamnya, membuat kita akan mampu bertahan di masa-masa tersulit sekalipun. Dengannya, akan melahirkan jiwa antusias (semangat) dan persistence (ulet dan sabar), ini menjadi kekuatan yang luar biasa dalam menjalankan sebuah usaha.
  3. Pelajari, dan konsultasikan kepada yang ahli. Ini sangat penting, mulailah dengan perencanaan usaha yang jelas, sehingga bisa kita hitung Return on Invesment (ROI) nya, dan semua hal yang berkenaan dengan usaha yang akan dijalankan.
  4. Berani mengambil resiko. Setiap usaha yang dilajankan pasti mengandung dua resiko, resiko berhasil dan resiko gagal. Minimkan resiko kegagalannya.
  5. Pisahkan keuangan. Antara keuangan pribadi dengan keuangan usaha, sehingga bisa terukur keberhasilannya. Tentukan saja gaji anda di dalamnya, itulah yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.
  6. Bangun relasi. Menjalani sebuah usaha ini sangat penting, maka banyaklah berteman.
  7. Usaha apapun tidak akan pernah berhasil tanpa action. Dan tak boleh terlupa, dalam semua usaha apapun, sertakan do’a di dalamnya. Selamat memulai usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *