7 Tips Sederhana Jalankan Strategi Marketing Bagi Pemula

7 Tips Sederhana Jalankan Strategi Marketing Bagi Pemula | EmasCorp.com

EmasCorp.com – Berbicara mengenai strategi marketing, ada 1001 cara yang bisa Anda dapatkan dari artikel-artikel bisnis di luaran sana. Tapi hanya sedikit yang bisa di jalankan, khususnya bagi pemula. Mungkin Anda juga cukup kesulitan untuk menjalankan prinsip marketing yang sudah menjadi pedoman Anda.

Dalam artikel yang sederhana ini, Saya mencoba untuk berbagi tips sederhana bermarketing yang bisa di jalankan oleh siapa saja khususnya bagi pemula.

1. Kenali Costumer Anda

Mengenal costumer Anda dengan baik adalah langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan proses marketing, jika langkah ini dilakukan maka Anda akan tahu apa kebutuhan costumer Anda, dan dengan mudah untuk Anda memberi solusi, dengan ini penjualan akan semakin mudah. Buatlah pendekatan secara alami seperti halnya Anda melakukan pendekatan terhadap pasangan, jika terlalu buru-buru, maka pasangan Anda akan merasa tidak nyaman bukan? Ini berlaku juga dalam melakukan pendekatan kepada costumer.

Buatlah mereka mencintai produk kita bukan karna terpaksa atau hanya karna rekomendasi dari kerabatnya, tapi buatlah mereka mencintai produk kita karena mereka nyaman, merasa dihargai dan sangat membutuhkan produk Anda.

2. Rencanakan Produk dan Layanan Anda

Dalam menjalankan sebuah teknik marketing, perlu dipersiapkan yang namanya rencana produk dan rencana layanan, hal ini di rangkum dengan istilah bussiness plan atau rencana bisnis. Dengan merencanakan produk dan layanan, maka Anda akan mudah mentargetkan pelanggan. Contohnya buatlah kemasan atau packaging untuk promosi yang sesuai dengan image anak muda bila produk yang Anda jual ditargetkan untuk kalangan remaja. Sesuaikan produk dan target Anda, pastikan keduanya relevan, agar Anda mudah untuk memasarkan produk.

Buatlah layanan yang super cepat dan praktis, karena orang akan kapok menggunakan produk Anda bila merasa waktunya terbuang cukup banyak hanya untuk membeli produk Anda.

3. Lakukan Promosi Dengan Natural

Seperti yang sudah saya bahas di atas, lakukanlah promosi secara natural, jangan membombardir pelanggan dengan teknik promosi yang membabi buta, lakukan secara halus dan alami. Mengutip sumber dari Marketing.co.id, proses menjalankan bisnis sama pentingnya dengan produk itu sendiri. Karena itu pastikan pengiriman cepat, perlakukan costumer dengan sopan, berikan 3 S (senyum, salam, sapa), berikan kejutan dan kenyamanan kepada pelanggan, karna kekuatan word of mouth (WOM) adalah alat yang kuat dalam penjualan.

4. Rencanakan Target Iklan dan Komunikasi Costumer

Merencanakan target iklan juga salah satu hal penting dari marketing, merencanakan iklan bukan hanya untuk mendapatkan perhatian costumer, mereka sudah mendapatkan iklan marketing setiap harinya, melalui #media sosial, iklan di televisi dan media-media lain, jadi buatlah hal yang lebih menarik agar Anda mendapatkan perhatian dari mereka. Gunakan emosional dan rasional untuk mendesrikpsikan produk Anda, lalu beri mereka alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda.

5. Memiliki Strategi Harga

Jangan hanya menetapkan harga dari biaya produksi atau selisih dari margin, tetapkan harga sebaik mungkin, karna harga salah satu nilai yang kuat yang akan menentukan penjualan Anda kedepannya. Anda bisa lakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan strategi harga Anda, mulai dari mencari tahu harga pesaing hingga harga pasaran tertinggi, hal ini berguna untuk menetapkan harga, semakin harga produk Anda tinggi maka sama artinya dengan mengurangi penjualan, jika harga Anda terlalu murah produk anda akan mendominasi penjualan. Silahkan tentukan sendiri strategi harga yang baik bagi pemasaran.

6. Pelayanan Yang Fast Response

Biasanya istilah fast respawn ini banyak digunakan oleh penjual online, untuk meyakinkan pembeli bahwa pelayanan mereka cepat tanggap. Tapi istilah ini berlaku juga untuk anda yang menekuni bisnis real di luar #bisnis online. Di dalam pemasaran, layanan yang cepat tanggap adalah salah satu faktor penting bagi penjualan. Tanggapi setiap komplain dengan cepat dan baik, dengan begitu costumer merasa di hargai dan di perhatikan. Brand mudah rusak bila mengabaikan kepercayaan dari costumer, hal ini juga sangat penting untuk pemasaran.

7. Susun Marketing Plan

Mulailah untuk menyusun marketing plan anda sendiri, pastikan semua team Anda mengerti mengenai tujuan dari marketing plan Anda. Lalu kembangkan rencana pemasaran Anda dan pastikan berjalan sesuai dengan tujuan awal perusahaan Anda. Menyusun strategi pemasaran tak selalu harus rumit, buatlah dengan sederhana agar semua team mengerti tujuan utama dari rencana bisnis Anda.

Itulah tips sederhana menyusun strategi pemasaran yang bisa dijalankan oleh siapapun. Strategi marketing tak melulu tentang ‘memaksa’ pembeli untuk membeli produk kita, tapi tentang bagaimana memberi solusi dengan cara penyampaian yang unik dan menarik untuk mendapatkan perhatian dari mereka, dengan begitu proses penjualan akan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *